Silahkan Melihat Tutorial di website kami dengan nyaman ENJOY YOUR LIFE ☕

PHP :: Input Banyak Data Sekaligus Ke Database Dengan PHP

membuat input banyak data sekaligus dengan php

Input Banyak Data Sekaligus Ke Database Dengan PHP

Input Banyak Data Sekaligus Ke Database Dengan PHP

Input Banyak Data Sekaligus Ke Database Dengan PHP – Membuat form inputan yang bisa menginput banyak data sekaligus ke database dengan php memang terkadang sangat di perlukan. apalagi kita yang mungkin sedang membuat project aplikasi yang mengharuskan penginputan data dalam bentuk banyak ke database. untuk contoh kasus nya yang menggunakan teknik penginputan banyak data ke database ini adalah seperti misalnya di aplikasi sistem informasi akademik kampus ya. pada saat penginputan krs kita bisa memilih mata kuliah yang kita inginkan untuk di masukkan ke database. mata kuliah yang kita inginkan bisa kita checklist dan kemudian submit. Input Banyak Data Sekaligus Ke Database Dengan PHP
Kemarin ada teman saya yang selalu membaca tutorial php di www.malasngoding.com. beliau sedang membuat sebuah aplikasi sederhana katanya untuk sambilan belajar. dan beliau menemukan sedikit kendala. beliau nanya tentang cara membuat input banyak data ke database sekaligus. dengan menggunakan PHP. maksud nya gimana sih cara buat insert data ke database. tapi sekaligus dalam jumlah banyak tergantung data yang kita tentukan. dan penginputan data nya pun dengan menggunakan checkbox HTML. contoh kasusnya misalnya ada form penginputan, yang berisi beberapa nama makanan. dan pada masing-masing makanan terdapat sebuah checkbox. di mana makanan yang ingin di insert ke database bisa tinggal sekaligus di checklist saja. dan jawabannya mudah ! perhatikan penjelasan berikut teman-teman. insert banyak data ke database sekaligus dengan php.

Input Banyak Data Sekaligus Ke Database Dengan PHP

Langsung saja saya jelaskan dan selanjutnya akan masuk ke contoh cara membuat insert banyak data ke database dengan php. jadi logika nya sederhana saja teman-teman, cara nya kita tangkap dulu data yang ingin di input yaitu data-data yang di checklist. selanjutnya kita hitung berapa jumlah data yang di input atau yang di checklist pada saat di submit tadi. lalu kemudian kita menggunakan perulangan for php untuk membuat penginputan data yang berulang-ulang sesuai dengan jumlah data yang di input. baca tutorial saya sebelumnya tentang tutorial php perulangan for dengan php. oke masuk ke contoh aja langsung kali ya biar enak.
di sini saya udah nyediain sebuah table yang berisi data makanan. table ini juga menjadi penampung dari data makanan yang di input sekaligus nanti. silahkan teman-teman buat dulu database dengan nama ” malas ngoding “.kemudian import kan table makanan berikut.
membuat input banyak data ke database dengan php
membuat input data ke database sekaligus dengan php
setalah selesai membuat database dan table makanannya selanjutnya kita akan menghubungkan dulu php dan mysql kita.

Menghubungkan PHP Dan MySQL

Cara menghubungkan php dan database mysql sudah saya bahas pada tutorial php dasar sebelumnya di www.malasngoding.com. baca di sini tutorial cara membuat koneksi php dengan database mysql. saya anggap teman-teman sudah paham tentang cara menghubungkan php dan mysql ya. di sini kita menghubungkannya dengan membuat sebuah file php dengan nama database.php.
database.php
lanjut lagi buat sebuah file lagi dengan nama index.php
style.css

index.php
bisa teman-teman perhatikan pada file index.php di atas.
kita tampilkan dulu data dari database. kita tampilkan dalam bentuk table.
tutorial cara menampilkan data dari database dengan php dan mysql sudah saya bahas juga pada tutorial sebelumnya. Input Banyak Data Sekaligus Ke Database Dengan PHP. silahkan teman-teman baca tutorial sebelumnya tentang tutorialmembuat crud dengan php dan mysql menampilkan data dari database.
Perhatikan juga di sini kita membuat sebuah form untuk kita jadikan form tempat kita menginput banyak data sekaligus dengan php.
bisa teman-teman lihat pada form di atas. kita membuat form dengan method post dan action nya kita arahkan ke file input.php. jadi di file input.php inilah kita akan memproses penginputan banyak data dengan php nya. Input Banyak Data Sekaligus Ke Database Dengan PHP
oh iya teman-teman perhatikan juga pada form inputnya. kita buat dengan type checkbox. karena kita ingin membuat form input banyak data ke database nya dengan menggunakan checkbox. jadi tinggal di checklist aja yang mana saja yang mau di input. untuk name nya berikan nama yang sama pada semua form nya. tapi tambahan tanda ” [] ” di ujungnya. untuk menandakan form penginputan tersebut bahwa akan kita proses dalam bentuk array.

Input Banyak data ke database dengan php

sampai lah kita di tahap yang paling penting. karena tadi ada form input makanannya kita beri tujuan ke file input.php. maka kita buat dulu file php dengan nama input.php. Input Banyak Data Sekaligus Ke Database Dengan PHP
input.php
pertama kita tetap harus menghubungkan nya dengan file koneksi (database.php). karena kita memerlukan koneksi ke database. kemudian kita tangkap data yang di kirim dari form. baca tutorial php sebelumnya tentang form handling php.
dan perhatikan
jumlah data yang di input kita masukkan ke dalam variabel jumlah_dipilih. untuk menghitung data yang di inut kita bisa menggunakan fungsi php count(). atau sizeof(). karena data yang di kirim dalam bentuk array. oleh karena itu kita menghitung nya dengan function count() boleh dengan sizeof() boleh.
Input Banyak Data Sekaligus Ke Database Dengan PHP
membuat input banyak data ke database dengan php
terakhir kita input data ke database nya dalam bentuk perulangan. menggunakan perulangan for php. seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi bahwa kita memerlukan perulangan for. jadi kita hitung dulu x sama dengan 0 untuk menentukan nilai awal perulangan. dan x lebih kecil dari jumlah_dipilih (jumlah data yang di kirim tadi). dan kemudian x++. jadi perulangan penginputan data akan di lakukan dalam bentuk perulangan sesuai dengan jumlah data yang di input dari form tadi. Input Banyak Data Sekaligus Ke Database Dengan PHP
sekarang di coba. saya akan mencoba menginput banyak data ke database. di sini saya mencoba menginput mie goreng, bakso dan sate padang. lalu klik input.
cara insert banyak data sekaligus dengan php
cara insert banyak data sekaligus dengan php
dan hasilnya data mie goreng, bakso dan sate padang akan masuk ke database sekaligus.
Input Banyak Data Sekaligus Ke Database Dengan PHP
menginput banyak data ke database dengan php
dan data pun berhasil di input sekaligus. mungkin sekian dulu tutorial Input Banyak Data Sekaligus Ke Database Dengan PHPselanjut nya kita akan belajar cara menghapus banyak data sekaligus dengan php. menggukan checkbox.

Incoming search terms:

  • input data sekaligua banyak php
  • input banyak data ke database php
  • entri data otomatis php
  • coding script input data php
  • cara menginput data teman dalam sebuah aplikasi
  • cara menginput data otomatis di php
  • cara membuat insert data sekaligus
  • cara memasukkan data banyak php mysql
  • cara memasukkan banyak data ke database
  • source code membuat aplikasi gratis




1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

PHP :: Input Banyak Data Sekaligus Ke Database Dengan PHP